Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

BBalitvet Perkenalkan Inovasi Teknologi Informasi Berbasis Android AVINDIG sebagai Sarana Edukasi Peternak Unggas

DIOLUHTAN. Avian Influenza Informasi Digital (AVINDIG) adalah informasi penyakit hewan berbasis android yang dikhususkan untuk penyakit Flu Burung atau Avian Inluenza (AI) pada unggas. Inovasi informasi ini di luncurkan sebagai sarana edukasi untuk peternak, penyuluh dan petugas lapangan agar mereka bisa memahami tentang penyakit Flu Burung pada unggas yang meliputi gejala-gejala penyakit, penyebab, pengobatan, pencegahan dan pengendalian penyakit sehingga dengan demikian akan meningkatkan wawasan dan bisa mengambil tindakan dalam penanganan penyakit AI tersebut. 
Aplikasi ini merupakan buku digital mengenai penyakit AI yang bertujuan untuk mensosialisasikan informasi mengenai penyakit AI secara lebih luas ke pemangku kebijakan, mahasiswa, penyuluh, peternak dan masyarakat luas dalam rangka meningkatkan kesadaran akan bahaya zoonosis uang diakibatkan oleh penyakit AI. Demikian penjelasan DR. drh. Indi Dharmayanti, MSi (Kepala BBalitvet, Balitbangtan, Kementan)
Ditambahkannya, Avian influenza (AI) merupakan salah satu penyakit yang penting diwaspadai di Indonesia, karena selain berdampak pada kerugian ekonomi dunia perunggasan, juga bersifat fatal bagi manusia (zoonosis). Penyakit yang disebabkan oleh virus ini mempunyai tingkat mutasi yang tinggi sehingga berpengaruh terhadap proses pencegahan dan pengendaliannya. “Avindig ini di desain dalam bentuk sederhana sehingga lebih mudah dipahami tetapi tetap bersifat ilmiah sehingga dapat memberikan informasi lengkap dan penting tentang penyakit AI terutama karakter biologi, diagnose, manajemen sampel, pencegahan dan pengendalian penyakit. Program aplikasi ini dilengkapi beberapa gambar dan audio visual dalam rangka mempermudah pembaca/pengguna untuk memahami materi,” paparnya.
Cara Meng-Instal AVINDIG pada ponsel.
Pertama, Dalam ponsel, carilah Google Play Store, lalu masukkan kata kunci “AVINDIG” dan pilih simbol “AVINDIG” kemudian install,
Kedua, simbol “AVINDIG” akan nampak pada layar ponsel jika install berhasil.
Ketiga, klik/sentuh simbol “AVINDIG” pada layar ponsel untuk mengaksesnya.
Cara Menggunakan aplikasi AVINDIG

Hanya dengan meng-klik simbol “AVINDIG” dan masuk ke aplikasinya, anda tinggal mengikuti semua item program di dalamnya. 
Source : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment