Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Akibat Stabilnya Harga Bahan Pangan, Inflasi Agustus 0,06 Persen

DIOLUHTAN. Usai perayaan Lebaran Idul Fitri, harga kebutuhan pokok di Agustus relatif terkendali. Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Damhuri Nasution meramal inflasi bulan kedelapan ini masih jinak dengan perkiraan 0,06 persen. "Prediksi inflasi Agustus 0,06 persen secara bulanan (MoM) dan 2,8 persen secara tahunan (YoY). Inflasi bulan lalu terjaga karena harga kebutuhan pokok daging telur ayam, cabai, bawang, dan lainnya relatif stabil," kata Damhuri saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (1/9/2016).
Ilustrasi bahan pangan (foto : yoush)

Tekanan inflasi, lanjutnya, hanya datang dari kelompok biaya pendidikan di periode Juli sampai September. Namun karena kontribusi inflasi dari pengeluaran ini relatif kecil terhadap inflasi secara umum, maka dampaknya tidak signifikan ke laju inflasi. "Sumbangan kelompok pengeluaran pendidikan relatif kecil dari inflasi umum hanya 8,5 persen. Jadi tidak signifikan dampaknya," tutur Damhuri.
Terpisah, Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memproyeksikan bahwa Indonesia akan mencetak deflasi di Agustus 2016 sebesar 0,03 persen (MoM) dan secara tahunan 2,78 persen (YoY). "Karena harga makanan mengalami deflasi (penurunan), maka perkiraannya di Agustus terjadi deflasi 0,03 persen (MoM) dan 2,78 persen (YoY)," ujarnya.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment